11

Strategi Mencari Supplier Produk Yang Terpercaya

Beberapa kendala yang sering dihadapi calon pebisnis Toko Online pemula, diantaranya : tidak memiliki modal, kesulitan menentukan barang yang akan dijual, belum menemukan supplier,dll.

Jika anda memproduksi/mempunyai produk untuk anda jual di Toko Online anda maka anda tinggal mempromosikannya saja. Tapi apa jadinya jika anda ingin membuka Toko Online namun tidak punya produk sendiri? Maka anda bisa menjual produk orang lain.

Nah, disinilah anda harus mencari supplier terpercaya untuk anda jual produknya. Bagaimana menemukannya?

Berikut kiat mencari supplier produk yang terpercaya :

1. Bekerja Sama Dengan Supplier Langsung

Carilah supplier secara offline atau bertemu langsung. Tawarkan kerjasama. Supplier sangat mencari orang yang ingin menjual kembali produknya. Carilah supplier tangan pertama sehingga anda mendapatkan komisi yang cukup besar karena harga yang diberikan cukup murah. Usahakan supplier satu kota dengan anda, dengan begitu anda akan mudah untuk mengontrol dan stok barang.

2. Cari Di Google

Jika anda tidak pandai bernegosiasi secara langsung, anda bisa mencari alternatif supplier di Google. Pilihannya juga banyak. Saya sarankan carilah yang memasang iklan di Google karena dengan memasang iklan menunjukkan bahwa supplier tersebut serius.

3. Perhatikan Pelayanan Supplier

Anda harus memperhatikan pelayanan suplier anda karena seringkali dijumpai supplier yang kurang responsif. Jika responnya lambat maka usaha anda tidak akan berjalan baik. Carilah supplier yang memiliki respon pesanan yang cepat, mudah dihubungi, lancar komunikasi, memberikan dukungan kepada para reseller maupun dropshipper, bisa menangani pemesanan ke semua wilayah dan ramah.

4. Bergabung Di Komunitas Supplier

Dengan bergabung di komunitas supplier anda akan mendapatkan banyak sekali informasi, masukan dan anda bisa menemukan supplier yang anda cari. Anda bisa mulai menjalin kerjasama dengan mereka.

5. Perhatikan Dan Ikuti Ketentuan Yang Diberikan Supplier

Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan supplier anda. Anda pelajari dengan seksama syarat dan ketentuan, gunanya mengikat kedua belah pihak dan tidak merugikan salah sau pihak. Ikuti ketentuan yang telah diberikan karena anda mengharapkan kerjasama dapat berjalan untuk jangka waktu yang lama.

6. Miliki Beberapa Supplier

Anda jangan hanya terfokus pada satu supplier saja. Carilah beberapa supplier produk. Selain bermanfaat untuk memvariasikan produk yang anda jual, ini juga berguna di waktu yang akan datang. Seiring waktu berjalan anda akan melihat supplier mana yang akan menjalin kerjasama jangka panjang dan mana yang hanya jangka pendek. Terkadang ditengah jalan supplier mengubah ketentuan, misalnya saat anda bergabung, anda tidak dibatasi minimal order. Seriring waktu berjalan, mungkin karena meningkatkan target penjualan maka supplier mensyaratkan minimal belanja sekian juta untuk sekali order. Bagi anda tentu ini menjadi tantangan sekaligus masalah baru. Tidak sedikit dari anda tentu keberatan dengan perubahan syarat tersebut dan akhirnya memutuskan mengakhiri kerjasama. Tapi jika anda sudah punya beberapa supplier, anda tidak usah kuatir karena Toko Online anda tetap bisa berjalan dengan supplier produk lainnya.

Baca juga => 7 Cara Jitu Menaikkan Omzet Toko Online

Tags: , ,
Previous Post
3
Bisnis Toko Online

Reseller Vs Dropship

Next Post
10
Bisnis Toko Online

7 Cara Jitu Menaikkan Omzet Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *